JNE Mengecewakan


Sekitar minggu lalu saya memenangkan sebuah kuis di Twitter. Admin kuis tersebut mengatakan akan mengirimkan hadiahnya dalam beberapa hari. Sekitar 2 hari berselang, saya menanyakan pada mereka kapan hadiah dikirim dan mereka menjawab “besok”. Dengan asumsi bahwa paket akan sampai sekitar hari jumat/sabtu, saya menunggu. Namun hingga rabu (23 NOVEMBER) tidak ada paket datang. Awalnya saya mengira admin kuis tersebut lupa mengirimkannya.

Lalu saya menanyakan via email dan mereka menjawab paket sudah dikirimkan semenjak tanggal 16 NOVEMBER via JNE dengan nomor resi 1725514970005 atas nama Reni, Bekasi. Setelah saya lacak, paket tersebut sudah dikirim ke rumah pada 19 NOVEMBER namun tertulis keterangan “NOT HOME” padahal hari itu saya seharian berada di rumah. Tidak ada keterangan bahwa JNE mencoba mengirimkan lagi setelah hari itu. Tidak ditinggalkan pula RESI di depan rumah saya sebagai notifikasi bahwa saya mendapatkan sebuah paket. Seharusnya jika penerima paket tidak berada di tempat, RESI akan ditinggalkan di rumah untuk kemudian digunakan mengambil paket di pusat JNE. Namun saya tidak menerima apapun hingga 23 November 2011. Tidak ada kontak apapun dari pihak JNE kepada saya, meskipun melalui telepon untuk memberitahukan perihal paket tersebut. Padahal NOMOR HANDPHONE saya tertera jelas pada amplop paket yang dikirimkan kepada saya.

Hari ini (24 NOVEMBER), saya memutuskan untuk mengambil sendiri paket tersebut di JNE JUANDA yang jauhnya sekitar 20km dari rumah saya. Saya kira proses tersebut akan cepat karena saya memiliki nomer resi, nama, dan nomor pengirim paket, serta ini bukan pertama kali saya harus mengambil sendiri paket ke pusat pengiriman (biasanya proses lumayan cepat). Namun pada kenyataannya, saya harus menunggu HAMPIR 2 JAM (dari kira2 setengah 12-setengah 2 siang) di JNE dengan alasan paket saya sudah dikirimkan ke rumah pada tanggal 19 November namun saya tidak ada di rumah dan saat ini paket masih dicari. Selama hampir 2 jam itu, saya menunggu dan setiap bertanya selalu dijawab “Sebentar, paket masih dicari” atau “Sebentar. Kami sedang menghubungi kurirnya” (yang ini setelah sekitar 1 jam saya menunggu). Saya jadi berpikir… “jadi…SEBENTAR dalam kamus JNE adalah 2 jam ya?”

Setelah paket akhirnya saya terima, pihak JNE bahkan tidak repot-repot meminta maaf atas ketidaknyamanan saya perihal paket yang tidak jelas nasibnya dalam 5 HARI tersebut atau bahkan maaf karena membuat saya menunggu SANGAT LAMA karena mereka sibuk mencarinya. Karena itu saya juga tidak repot-repot mengucapkan terima kasih karena setelah 2 jam mereka menemukan paket saya, ataupun minta maaf karena menutup pintu keras-keras setelah keluar kantor dengan kesal, membuang plastik dan amplop paket yang tidak diperlukan di meja CS, dan sempat menimbulkan kegaduhan dikantor (HELLOOOOOO siapaaa yang tidak bosan disuruh menunggu tanpa kejelasan selama 2 jam?????).

Saya dibuat menunggu 2 JAM dan kehilangan waktu yang sebenarnya bisa saya gunakan untuk hal lain. Selain itu, pihak JNE juga TIDAK BERTANGGUNG JAWAB dalam mengirimkan paket itu kepada saya sehingga saya harus datang sendiri mengambilnya. Jika paket itu seharusnya sampai pada hari Sabtu, namun saya MEMANG tidak ada ditempat.. bukankah JNE bisa menelpon saya, meninggalkan resi, atau mencoba mengirimkan paket tersebut pada hari Senin kan? Atau pada hari SABTU itu seharusnya kurir bisa menelpon saya kan? Toh saya ada di rumah tapi mungkin tidak mendengar suara kurir.

Tapi dalam kurun waktu SENIN, SELASA, RABU, saya tidak menerima pemberitahuan apapun mengenai keberadaaan paket tersebut. Kalau saya tidak mengkonfirmasi ke pihak admin kuis tersebut, saya yakin 9999999999% paket saya akan HILANG di JNE dan saya bahkan tidak akan pernah tahu paket tersebut ada. Walaupun bagi orang lain atau pihak JNE paket tersebut tidak berisi barang berharga, tapi barang tersebut penting bagi saya dan sudah jadi tugas JNE untuk mengirimnya sampai tujuan. Saya benar-benar merasa sangat kesal dan sebal pada pelayanan JNE.

Tujuan saya menulis ini bukanlah menagih atau bahkan menghiba permintaan maaf dari pihak JNE apalagi mencemarkan nama baik JNE, saya hanya ingin membagi pengalaman saya dengan orang dan semoga JNE bisa meningkatkan pelayanan mereka sehingga dapat menjadi JAUUUUHHHH LEBIH BAIK dari ini.

5 thoughts on “JNE Mengecewakan

    • crabbielife says:

      wuah..modem. diganti ngga?
      ini baru kjadian lagi loh..barangnya adekku ilang disono..

      alasan kurirnya ngga masuk akal “banjir” katanya..pdhl cuaca lg panas2nya dan daerah perumahanku ngga prnah banjir =))))))))))

  1. Kano Kyosuke says:

    ya…
    nasib kite sama…
    barang ane blum nyampe”…
    di keterangan not home.
    hadeh….
    pdahal ane d rmah sharian jaga toko…
    -_-

  2. yanti says:

    Sama ane kirim barang ke bali udh seminggu blm smp2,,,pas ane cek ko mlh not home..!! Aduh gmn nih,!!! Jne,,jne..masa tiap hari mest di cekn terus sih statusnya……PAYAH….

Leave a Reply

